Selasa, 06 Juni 2017

Sikap Dalam Menghargai Waktu

Sikap Dalam Menghargai Waktu

Assalamualaikum Wr Wb

Disini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman dalam menghargai waktu dalam kehidupan sehari – hari .

            Setiap orang pasti memiliki banyak kegiatan baik yang sudah di rencanakan ataupun kegiatan yang sifatnya datang secara tiba – tiba, dalam hal tersebut setiap kegiatan pasti memerlukan waktu – waktu tertentu dan pembahasan kali ini yaitu “mengahargai waktu” terdiri dari dua kata “menghargai” dan “waktu” , dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia V menghargai berarti memandang penting (bermanfaat, berguna dan sebagainya ) sedangkan waktu berarti seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau berada atau berlangsung.

            Contoh dari kegiatan yang sudah direncanakan pada  kehidupan sehari  - hari  dan pembahasanya  masuk dalam  menghargai waktu adalah ketika saya dan teman teman pencinta alam ketika akan dan sedang  melakukan suatu perjalanan yang bersifat resmi dari kampus ataupun perjalan yang tidak ada hubungan denga kampus. Disana saya dan teman teman sebelumya sudah dibekali materi manajemen perjalanan dilihat dari katanya “manajemen” pasti semua harus teratur baik dari segi waktu, persediaan logistic, perlengkapan pribadi ataupun perlengkapan kelompok semua harus kita persiapkan dengan matang ,tentunya atas dasar pemanfaatan waktu yang baik dan benar  yaaaaa.

            Jadi ketika ada suatu acara yang sudah direncanakan jauh – jauh hari manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, tidak boleh menundanya karena bisa berakibat pekerjaan yang ditunda akan semakin menumpuk dan waktu yang awalnya cukup jadi kurang. Contok sikap menghargai waktu ketika saya ditunjuk untuk menjadi ketua dalam  perjalan pengambilan Nomor Registrasi Pokok MAPA Gunadarma, disitu saya  dan  anggota diberikan waktu 4 bulan untuk memepelajari materi dan teknik pengarungan beserta pemetaan pada divisi arung jeram oleh dewan pengurus, disitu saya dan anggota tidak mau  membuang waktu terlalu lama untuk bersantai, memulai mencari – cari tempat untuk latihan dan menambah materi arung jeram dengan membuat jadwal pengisian materi divisi arung jeram, tidak tanggung tanggung setiap satu minggu saya belajar materi 2kali dan praktek teknik serta pemetaan arung jeram  2 kali oalahraga 2kali rutin sampai 4 bulan, kenapa jadwal seperti itu karena saya dan anggota tidak mau membuang – buang waktu yang telah diberikan  supaya ilmu arung jeram yang saya dapat bisa semaksimal mungkin, saya berterimkasih kepada kepala divisi arung jeram waktu  itu karena sudah memeberikan waktu yang begitu cepat kilat dengan tuntutan yang banyak  J, alhasil saya dan anggota arung jeram bisa melaksanakan perjalanan paling awal dibandingkan dengan divisi- divisi lain yang ada di MAPA Gunadarma kala itu.

                Selanjutnya adalah contoh kegiatan yang lumayan dadakan tapi tetap waktu yang diberikan kepada kita harus dihargai, kegiatannya waktu  itu adalah simulasi gunung hutan angkatan saya di MAPA Gunadarma, anggota gunung hutan ada dua wanita tiba – tiba ketika hari H pemberangkatan simulasi ada salah satu anggota yang sakit dan tidak bisa mengikuti simulasi,  dan ketika itu saya yang diminta tolong untuk menjadi anggota dadakan simulasi tersebut kenapa seperti itu karena semua perjalanan pasti ada standart operasi nya , dengan waktu sekitar 2 jam saya harus sudah siap untuk jalan simulasi !!! Oh My God, kenapa begitu? Karena kendaraan menuju tempat simulasui hanya ada di jam tertentu .
Saya langsung bergegas melist alat apa yang harus saya bawa makanan dan juga perlengkapan pribadi, waktu boleh yang diberikan boleh ngepas tapi bagaimana cara memanfaatkanya dan mengahrgai nya sertai persiapan untuk perjalanan juga matang,  Alhamdulillah semua bisa terkumpul .
               
                Pesan saya untuk kalimat “menghargai waktu”, manfaatkan waktu yang telah diberikan untukmu, karena waktu yang ada untukmu belum tentu dapat terulang, yang kewajibanya belajar ya belajarlah dengan sungguh – sungguh, jika ada waktu kumpul dengan teman – teman hargailah karena mungkin temanmu ada yang mengorbankan waktu nya hanya demi silaturrahmi tidak putus dengamu, waktu itu beharga maka hargailah waktumu di dunia InsyaAllah umurmu juga akan bermanfaat. Aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar