Selasa, 28 Maret 2017

menggali potensi diri sendiri

PENGALAMAN PRIBADI DALAM MENGGALI POTENSI DIRI SENDIRI
PENGERTIAN
            Potensi diri menurut Kamus Bebesar Bahasa Indonesia adalah kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau belum sepenuhnya dipergunakan secara maksimal oleh seseorang, karena itu setiap manusia wajib menggali potensi diri sendiri supaya lebih dapat memahami apa potensi yang ada pada diri masing – masing, sedikit cerita yang saya paparkan di bawah ini adalah beberapa pengalaman pribadi saya tentang menggali potensi diri, selamat membaca J

Assalamualaikum Wr Wb

Perkenalkan nama saya aizzul mufaridah lahir dikota grobogan, kota yang cukup biasa saja, tapi semoga saja saya menjadi manusia yang tidak biasa amiiiin.
Saya dari lahir umur 3 bulan sudah diajak merantau oleh bapak dan ibu saya ke kota yang cukup besar yaitu jakarta, setelah saya berumur 3 tahun di bawalah pulang ke kampung halaman, umur 3 ½ tahun tidak menyurutkan niat saya untuk minta didaftarkan sekolah, namanya juga anak kecil pasti senang jika banyak teman main bareng berangkat dan pulang sekolah bareng, saya menjalani pendidikan taman kanak – kanak atau (TK) selama 2 tahun, setelah lulus TK saya lanjutkan ke Sekolah Dasar yang tidak jauh dari TK tempat saya sekolah, 6 tahun menjalani pendidikan sekolah dasar, ketika lulus SD pertama saya mau melanjutkan sekolah ke SMP dan ternyata orang tua saya lebih senang jika saya masuk pesantren dan akhirnya sayapun mengiyakannya, waktu awal masuk pesantren saya sedikit aneh karna tinggal jauh dari orang tua, yang biasanya minta apa langsung keturutan, kalau di pesantren mau makan enak saja harus menunggu waktu libur dan jam keluar pesantren sugguh menyedihkan, awalnya berat memang melakukan hal yang biasa kita kerjakan bersama dengan orang tua contoh nyuci, masak, nyetrika dan lain sebagainya tetapi lama kelamaan jadi terbiasa hidup mandiri, ya mungkin itu salah satu tujuan orang tua memasukan saya ke pesantren. Tak cukup 3 tahun  menjalani kegiatan di lingkungan pesantren akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan sekolah menengah atas (SMA) dengan tinggal di pesantren juga, ketika memasuki tahun ke 5 sayapun dipercaya oleh kaka pengurus pesantren untuk ikut masuk dalam organisasi dan melanjutkan   kepengurusan selama 2 periode, sungguh sebuah tantangan dan merupakan sebuah amanah bagi saya tentunya ketika saya ditempatkan pada Dep. Pendidikan kemudian perode kedua saya dipercaya menjadi wakil ketua kepengurusan pesantren, disini saya mendapatkan ilmu yang tidak bisa didapat dalam kegiatan pendidkan formal, belajar menyatukan ratusan pemikiran santri belajar menjalankan kegiatan kegiatan rutin pesantren dengan baik dan benar, belajar tetap stabil dalam menghadapi permasalahan yang ada dalam struktur kepengurusan, ketika itu saya berpikir jika saya tidak mau menggali lebih dalam apa yang ada pada diri saya, maka saya akan berhenti disitu saja. Di situ awal mulanya.


Setelah lulus dai pesatren dan sekolah menengah atas saya melanjutkan pendidikan ke Univ. Gunadarma dan mengambil jurusan teknik informatika, padahal masuk  jurusan teknik hanya selintas di fikiran saya, dulu saya lebih tertarik pada jurusan kesehatan dan hukum, tapi yang nama pilihan harus tetap dijalani J
Masuk dalam keluarga besar fakultas teknogi industri memebuat saya harus terus berlatih memahami segala apa yang diajarkan oleh dosen karen materi yang saya dapatkan ternayata lebih rumit dari yang saya bayangkan ini juga adalah salah satu hal yang termasuk pada judul saya diatas menggali potensi diri sendiri.




Tidak cukup masuk pada urusan teknik informatika yang di kampus terkenal dengan praktikum, kursus, tugas yang banyak, saya mendaftarkan diri saya pada unit kegiatan kampus yaItu “MAHASISWA PENCINTA ALAM UNIVERSITAS GUNADARMA” bergabung dalam ukm tersebut adalah sesutu yang cukup menantang bagi saya, sebenarnya saya pun ragu bisa menjalani kegiatan kegiatan yang ada atau tidak, sering jalan jalan saja tidak apalagi kegiatan yang berhbungan dengan alam  bebas, sama sekali tidak pernah, karena dari lulus SD kegiatan rutin saya ya Cuma sekolah pulang ke pesantren sudah begitu saja setiap hari, dengan masuk ukm ini ternayata jiwa petualang saya mulai tumbuh, berawal dari pendidikan dasar waktu itu, saya mulai diajarkan oleh kaka MAPA GUNADARMA untuk terus menghargai alam dan terus mempelajarinya, dari yang biasa jalan di tempat datar sekarang harus jalan dengan membawa  beban 80 L dipunggung, dari yang tadinya tidak bisa berenang bahkan takut kalo liat air dengan debit yang sangat banyak sekarang berenang nya malah ditengah arus dan jeram sungai dari yang tidak tau apa - apa tentang pertolongan pertama gawat darurat sekarang setiap PPSPPT saya menjadi salah satu anggota tim medisnya, kalimat saya barusan bukan berniat untuk menyombongkan diri tetapi  semua kegiatan di ukm ini tentunya mengajarkan saya bahwa potensi saya tidak sebatas yag kemarin – kemarin dan jika kita mau belajar lebih kita pasti akan tau apa sebenarnya potensi ang kita miliki.
Terimakasih
Wassaalmualaikum wr wb








Tidak ada komentar:

Posting Komentar